Diskusi Rutin

 Dibawakan oleh Pemantik Syarifah Azzahrawani pada tanggal 18 Mei juni 2025 , Materi yang di bawakan yaitu seputar jurusan, bertema

"komunikasi yang baik adalah kunci dalam hubungan"

 


Membedah Ilmu Komunikasi: Dari Pengertian Hingga Peluang Karier

Halo! Pernah dengar tentang Ilmu Komunikasi (Ilkom)? Atau mungkin Anda adalah salah satu yang tertarik mendalami bidang ini? Yuk, kita bedah tuntas apa itu Ilmu Komunikasi, manfaatnya, peminatannya, hingga jenis-jenis komunikasi yang ada di sekitar kita!

Apa Itu Ilmu Komunikasi?

Ilmu Komunikasi adalah bidang studi yang mendalami proses penyampaian pesan secara efektif dari komunikator (pemberi pesan) kepada komunikan (penerima pesan). Bidang ini melibatkan analisis bagaimana pesan disampaikan, bagaimana pesan diterima, dan bagaimana pesan tersebut memengaruhi khalayak. Singkatnya, Ilkom membekali kita untuk memahami seluk-beluk interaksi dan pertukaran informasi.

Manfaat Belajar Ilmu Komunikasi

Belajar Ilmu Komunikasi menawarkan banyak manfaat. Terutama dalam mengembangkan kemampuan berkomunikasi, membangun hubungan, dan meningkatkan peluang karier di berbagai bidang. Beberapa bidang yang sangat relevan antara lain media,

public relations, dan pemasaran. Selain itu, Ilmu Komunikasi juga membantu kita memahami proses komunikasi, etika, dan dampak media, yang semuanya penting dalam kehidupan sehari-hari maupun dunia profesional.

Peminatan dalam Ilmu Komunikasi

Dalam Ilmu Komunikasi, terdapat beberapa peminatan yang bisa Anda pilih, di antaranya:

  • Public Relations (PR)
    • Public Relations atau hubungan masyarakat (humas) adalah proses interaksi antara organisasi dengan publik untuk menciptakan opini publik, memberikan persepsi, menanamkan pengertian, dan menumbuhkan motivasi.
    • Tujuan utamanya adalah membangun dan menjaga citra positif, serta kepercayaan publik terhadap organisasi.
    • Peran PR dalam organisasi meliputi membantu pemasaran, mengelola krisis, menguatkan ikatan jaringan, dan mengamankan dukungan.
  • Broadcasting
    • Broadcasting atau penyiaran adalah proses penyampaian informasi atau hiburan melalui media elektronik, seperti radio dan televisi, kepada khalayak luas secara bersamaan.
    • Secara umum,

broadcasting melibatkan distribusi audio dan/atau video yang mengirimkan sinyal program kepada penonton atau pendengar.

    • Peran

broadcasting dalam organisasi antara lain penyedia informasi dan hiburan, manajemen konten, promosi dan branding, serta perluasan jangkauan.

  • Advertising
    • Advertising atau periklanan adalah kegiatan promosi yang dilakukan oleh sebuah bisnis atau perusahaan untuk menarik perhatian pelanggan dan meyakinkan mereka membeli produk atau layanan yang ditawarkan.
    • Ini adalah bentuk komunikasi persuasif yang menggunakan berbagai media, seperti gambar, video, atau tulisan, untuk menyampaikan pesan tentang produk atau layanan tersebut.
    • Peran

advertising dalam organisasi meliputi mendukung pertumbuhan ekonomi, meningkatkan pendapatan, membujuk konsumen, dan menginformasikan konsumen.

5 Unsur Penting dalam Komunikasi

Setiap proses komunikasi melibatkan beberapa unsur penting, yaitu:

  1. Komunikator (pengirim pesan)
  2. Pesan
  3. Media
  4. Feedback (umpan balik)
  5. Komunikan (penerima pesan)

Jenis-Jenis Komunikasi

Komunikasi dapat dibedakan berdasarkan beberapa aspek:

Berdasarkan Cara Penyampaian:

  • Komunikasi Verbal: Menggunakan kata-kata baik lisan maupun tulisan untuk menyampaikan pesan.
  • Komunikasi Nonverbal: Menggunakan bahasa tubuh, ekspresi wajah, dan gestur untuk menyampaikan pesan.
  • Komunikasi Tertulis: Menggunakan tulisan, seperti surat, email, atau pesan teks, untuk menyampaikan pesan.
  • Komunikasi Visual: Menggunakan gambar, foto, grafik, atau video untuk menyampaikan pesan.

Berdasarkan Sifat:

  • Komunikasi Formal: Mengikuti aturan dan prosedur yang sudah ditetapkan dalam organisasi.
  • Komunikasi Informal: Lebih santai dan tidak mengikuti aturan formal.

Berdasarkan Konteks:

  • Komunikasi Langsung: Terjadi secara langsung antara dua orang atau lebih.
  • Komunikasi Tidak Langsung: Terjadi melalui media seperti surat, email, atau media sosial.

Berdasarkan Tujuan:

  • Komunikasi Internal: Proses penyampaian dan pertukaran informasi di dalam suatu organisasi atau perusahaan, yang bertujuan untuk memastikan semua anggota memiliki informasi yang cukup dan dapat bekerja sama dengan efektif.
  • Komunikasi Eksternal: Proses pertukaran informasi dan pesan antara suatu organisasi dengan pihak-pihak di luar organisasi tersebut, seperti pelanggan, pemasok, investor, media, dan masyarakat umum. Proses ini bertujuan untuk menyampaikan pesan organisasi, citra merek, dan nilai-nilai perusahaan kepada dunia luar.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PELANTIKAN PENGURUS IPMAN MALANG PERIODE 2024/2025

BINA AKRAB IX

BINA AKRAB Xl